8.1.08

TIPUS PARANG

oleh: ndarualqaz

Sewaktu sma aku pernah sakit tipus parang sampai komplikasi ke hati. saat itu faal hatiku (Faal: tanda kerusakan hati) sampai di point 650, padahal normalnya hanya 25-45, dan penderita lever itu pointnya sampai 800, jadi aku hampir kena tipus + lever.
3 minggu pertama aku minum obat dari dokter dan tiap 4 hari aku chek ke lab. ternyata baik tipus maupun faal hatinya hanya turun sedikit banget. padahal saat itu aku benar-benar istirahat total (faal hati saat itu turun di point 620).
Setelah 3 minggu itu akhirnya kakekku maksa aku untuk membuat minuman obat tradisional yaitu:
  • Meniran (akarnya) + Temulawak yang di rebus 3 kali sehari (buat hati), dan
  • Memakan cacing segar (cacing tanah, bukan yang sudah jadi tablet, cuma jeroannya cacing dibersihkan, buat tipus).

5 hari kemudian faal hatiku turun di point 12 (lebih sehat dari orang normal) dan tipusku (widal) turun di point tipus ringan. 1 minggu kemudian aku dinyatakan sehat 100%. jadi mulai sekarang kalo aku sakit aku pasti menggunakan obat tradisional buatan resep kakekku dan pakdeku (kebetulan beliau berdua profesinya pambibit tanaman hias dan pengembang tanaman obat tradisional).

2 comments:

Anonymous said...

Mengenai Cacing Tanah Untuk Membantu Menyembuhkan Tifus memang bisa dibuktikan.

Ini saya alami sendiri, sekitar pertengahan November 2007 saya mulai merasakan kambuhnya sakit tifus ( sebelumnya saya pernah kena tifus tahun 2001 dan 2002 di jakarta). Karena sudah faham akan gejala tifus, maka sengaja saya tidak ke dokter. Dulku di Jakarta saya memang sempat diopname di RSAL selama 10 hari, disamping itu ada teman yang membawakan ramuan yaitu cacing tanah yang sudah diolah. Waktu itu memang sangat membantu, disamping obat yang diresepkan oleh dokter RS.

Jadi dari Nopember 2007 sampai akhir Desember 2007 saya tergolek lemah, suhu badan terasa tinggi, badan letih, lemah, bernafas terasa berat, kepala agak pusing, perut agak nyeri, nafsu makan turun, kalau malam suhu badan makin tinggi. Karena kesulitan mencari cacing segar, saya hanya membeli obat hasil ekstrak cacing tanah yaitu Vermint, ini bisa didapat di toko obta dan apotik, lalu saya beli obat THYAMICOL + Antibiotik, ini atas anjuran teman yang berprofesi sbg dokter. Memang ada hasilnya. Sebenar 2 minggu pertama, saya sudah merasa baikan, tapi karena pada suatu hari saya telat makan, sehingga malamnya saya sakit perut/masuk angin berat, kepala sakit, perut kembung..suhu badan naik lagi...maka tifus saya pun kembali kambuh.. Dan atas anjuran tgeman dokter tadi saya kembali minum obat tadi yaitu Kapsul cacing Vermint + Thyamicin + ANtibiotik. ALhamdulillah..dalam 2 minggu keadaan saya membaik.. ( Ini tifus terberat yang pernah menyerang saya..karena hampir 1 bulan setengah saya tak berdaya terserang tifus. Akhirnya pas mau tahun baru saya pulang kampung untuk suatu acara. Selama di kampung saya sempatkan mencari obat-obat alami, murah dan sangat ampuh.. yaitu air kelapa muda ( hijau ) dicampur kuning telor ayam kampung, dikocok dengan air kelapa tadi..diminum. Kemudian saya cari labu kundur.. saya gerus/ atau diblender..disaring..diminum airnya.. Lalu saya makan buah pepaya. Dan ini pamungkasnya.. Karena badan masih dalam tahap penyembuhan tifus, maka saya cari sendiri cacing tanah, saya dapatkan hampir 10 ekor..saya bersihkan, belah dengan pisau catter..juga isi perutnya diusahkan terkeluarkan semua.. lalu saya bilas dengan air bersih,,saya rebus dengan 1,5 gelas air dan panci ditutup.. Setelah merasa cukup, setelah disaring ke dalam gelas..didinginkan..dan saya minum. Memang ada perasaan aagak jijik, tapi demi niat untuk sembuh..saya paksakan meminum air cacing..dan memang tidak berasa apa-apa, tapi image tidak mau kompromi, sempat juga saya hampir muntah...tapi untung tidak ada yang keluar. Keesokan harinya...saya ambil daun kates/pepaya..saya peras dengan air..lalu setelah lumat saya saring dan minum airnya, dan lagi-lagi karena pahitnya saya sempat muntah sedikit..tapi karena memang obat untuk menguatkan darah..semua saya lakukan untuk kesehatan tubuh.

Alhamdulillah.. dalam 3 hari dan setelahnya sampai hari ini.. badan terasa lebih baik..lebih sehat, makan enak..tidur nyenyak.. bahkan saya pernah beberapa hari tidur larut karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan..cuma tidur 2-3 jam ..subuh sudah bangun lagi..alhamdulillah..saya sehat-sehat saja..

Semoga tips ini dapat menambah masukan bagi rekan-rekan yang pernah mengalami sakit tifus. Dan, katanya..cacing tanah adalah obat ampuh untuk berbagai penyakit...

Anonymous said...

terimakasih effer, pengalaman anda sangat berguna sekali.

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008